Mengenal GMAT, GRE, dan EJU. Apa Perbedaannya?

Article

GMATvsGRE_BlogHeader_1920x628px-02

GMAT (Graduate Management Admission Test) 

     GMAT digunakan untuk masuk ke program MBA. Tersedia di hampir 100 negara, ini adalah penilaian yang paling banyak digunakan untuk penerimaan manajemen lulusan, oleh lebih dari 1900 sekolah bisnis pascasarjana di seluruh dunia. Skor GMAT di antaranya Verbal, Quantitative, Total, dan Analytical Writing Assessment.

GRE (Graduate Record Examination

     Graduate Record Examination digunakan untuk masuk ke program MS dan PhD. Tes ini sangat populer di AS dan Kanada. Lebih dari 600.000 calon pelamar sekolah pascasarjana dari sekitar 130 negara mengikuti Tes Umum GRE. 3 skor yang dalam GRE yaitu Verbal Reasoning, Quantitative Reasoning, Analytical Writing. 

EJU / Nihon Ryuugaku Shiken (日本留学試験 

     EJU (Examination for Japanese University Admission for International Student) adalah ujian kualifikasi yang diakui dan merupakan syarat utama yang harus ditempuh bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Jepang. EJU sendiri dikelola dan dikeluarkan oleh Japan Student Service Organization (JASSO). Ujian ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan November. Pelajaran yang diujikan dalam EJU ini adalah Japanese as Foreign Language, Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, dan Kimia), Japan and The World, dan Matematika. 

     Ujian EJU tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Jika ingin masuk program S1 dengan bahasa pengantar bahasa Jepang, maka harus mengikuti ujian EJU dalam bahasa Jepang. Jika ingin masuk program S1 dengan bahasa Inggris maka mengikuti EJU dalam bahasa Inggris.

For more information, click here!