More

Ingin Exchange? Informasi Seputar IISMA

Article

Indonesian International Student Mobility Awards

Pertama dilaksanakan pada tahun 2021, IISMA telah memberangkatkan kurang lebih 1.000 mahasiswa dari universitas di Indonesia yang mendapatkan international exposure dalam pengalaman mereka berkuliah. Melalui IISMA, mahasiswa dan pelajar di Indonesia diberikan kesempatan untuk merasakan perkuliahan di luar negeri, dan mengembangkan skill mereka lebih dalam lagi. Berbeda dengan tahun 2021, di tahun 2022 ini IISMA menambahkan kuota sebanyak 1.100 mahasiswa yang akan mendapatkan kesempatan menjadi bagian dari awardee IISMA.

Dengan jumlah kuota yang bertambah, banyak mahasiswa yang berminat untuk mendaftar dalam program IISMA ini, namun kebanyakan daripada mahasiswa tidak tahu harus mulai mempersiapkan apa untuk mengikuti program IISMA ini. Beberapa pertanyaan yang sering muncul antara lain yaitu Apa saja cakupan beasiswa dalam program IISMA ini ya?, Apa aja sih yang perlu disiapkan?, Tesnya berapa tahap?, Berkas yang diperlukan apa saja ya?, Apakah perlu untuk melampirkan tes TOEFL/IELTS? 

Disini kita akan mengulas secara menyeluruh dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut agar sobat Meraki dapat mempersiapkan diri dengan matang untuk mengikuti IISMA!

Cakupan Beasiswa Program IISMA

Ada alasan mengapa program IISMA menjadi opsi yang banyak mahasiswa/i Indonesia ingin ikuti. Penyebabnya antara lain yaitu cakupan biaya yang dicover dalam program IISMA. Dimana program IISMA sangat menjamin biaya para awardee-nya yang lulus dan menjadi bagian dari program IISMA. Cakupan Beasiswa IISMA antara lain yaitu:

  1. Biaya tempat tinggal dan biaya hidup
  2. Biaya uang kuliah (Tuition fee) dan biaya pendaftaran
  3. Biaya Tes PCR dan karantina (Bagi awardee 2021/2022)
  4. Biaya visa
  5. Biaya penerbangan
  6. Biaya asuransi kesehatan dan biaya keadaan darurat

Jadi dapat dilihat dengan coverage yang menyeluruh tersebut menjadi alasan mengapa IISMA diminati banyak mahasiswa/i di Indonesia.

Syarat Akademik IISMA

Setelah melihat coverage beasiswa IISMA yang lengkap pastinya Sobat Meraki tambah semangat untuk mendaftarkan diri ke dalam program IISMA. Namun beberapa hal yang perlu Sobat Meraki pertimbangkan sebelum mendaftar program IISMA yaitu mengenai syarat akademik IISMA. Sebelum mendaftar dan mempersiapkan syarat berkas, terlebih dahulu kita harus memahami apakah kita eligible untuk mendaftarkan diri untuk mengikuti program IISMA tersebut. Beberapa syarat yang perlu diperhatikan antara lain yaitu:

  1. Merupakan mahasiswa aktif di perguruan tinggi yang terdaftar dalam Kemendikbud Ristek
  2. Merupakan mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan Strata 1 (S1) di semester 3-7 
  3. Dinominasikan dari perguruan tinggi asal mahasiswa
  4. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3.0 (dari 4.0)
  5. Belum pernah menerima beasiswa pertukaran mahasiswa luar negeri lainnya.

Tahapan Tes IISMA

Setelah Sobat Meraki memahami syarat akademik dan eligible untuk mengikuti IISMA, hal yang perlu dipahami selanjutnya adalah tahapan tes IISMA. Dalam proses seleksinya, tes IISMA terdiri dari beberapa tahapan, antara lain:

  1. Tahap Registrasi 

Pada tahap ini, calon pendaftar melakukan pendaftaran melalui website IISMA, yaitu pada website site.iisma.id, dan menekan kolom application procedures, dan mengikuti tata cara pendaftaran sesuai petunjuk website.

  1. Tahap Round-Two Selection Process

Pada tahap ini, peserta yang telah berhasil melalui tahap registrasi akan melakukan tes tahap dua yang bertujuan untuk melihat pengetahuan calon awardee mengenai keberagaman budaya Indonesia.

  1. Tahap Wawancara 

Pada tahap ini, peserta yang telah melalui tahap registrasi dan round-two selection process akan diwawancarai. Tujuan tahap ini adalah untuk mengetahui komitmen calon awardee, pengetahuan akademik dan umum calon awardee, dan kepribadian calon awardee agar dapat mendapatkan awardee yang kayak untuk menjadi penerima beasiswa.

Seperti yang telah dijabarkan, tahapan tes IISMA relatif tidak memiliki tes tertulis seperti tes beasiswa pada umumnya, namun tetap memiliki tes essay dan sejenisnya. Hal tersebut adalah salah satu alasan yang menjadikan IISMA diminati banyak mahasiswa/i di Indonesia.

Berkas Persyaratan IISMA 

Setelah memahami syarat akademik, dan tahapan seleksi IISMA, sekarang Sobat Meraki tinggal mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk dapat mengikuti IISMA. Beberapa berkas yang Sobat Meraki harus penuhi antara lain:

  1. Mengisi form pendaftaran IISMA
  2. KTP (Kartu Tanda Penduduk)/ paspor/ akte kelahiran sebagai bukti kewarganegaraan Indonesia
  3. Surat peryataan kewarganegaraan Indonesia
  4. Surat rekomendasi dari Dekan Fakultas
  5. Surat rekomendasi dari Dosen Pembimbing mahasiswa
  6. Transkrip nilai akademik semester terakhir yang sudah dilegalisir dari perguruan tinggi asal mahasiswa
  7. Surat pernyataan mengikuti program IISMA
  8. Sertifikat hasil tes kompetensi Bahasa Inggris (TOEFL IBT-78/ TOEFL ITP-550/ IELTS-6.0/ Duolingo-100)

Semua dokumen tertera dikirim ke website site.iisma.id dan dikirim dengan format file PDF.

Tips-Tips Persiapan Seleksi IISMA

Sobat Meraki sekarang sudah faham pastinya secara menyeluruh apa-apa saja yang Sobat Meraki harus persiapkan, dari syarat akademik, tahapan seleksi, hingga syarat berkas telah dijabarkan dengan lengkap. Tapi ada hal terakhir yang perlu difahami sebelum Sobat Meraki siap untuk mengikuti seleksi IISMA, berikut beberapa tips bermanfaat yang dapat dijadikan rujukan:

  1. Kenali Kemampuan Diri

Cara untuk mengenali kemampuan diri dapat dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Ini merupakan salah satu penunjang dalam pembuatan esai dan curriculum vitae (CV).

  1. Latih Kemampuan Berbahasa Inggris

Seperti dijelaskan oleh Ditjen Dikti, berlatih berbahasa Inggris dengan giat dan rutin dapat membantumu melewati setiap tahapan dalam seleksi IISMA.

  1. Susun Strategi Dalam Memilih Universitas Tujuan

Memilih perguruan tinggi juga membutuhkan strategi. Lakukan riset tentang universitas yang akan dipilih. Pastikan kampus tujuan tersebut memiliki peluang penerimaan yang tinggi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

  1. Persiapkan Diri Untuk Wawancara

Poin penting saat seleksi wawancara yaitu menjadi diri sendiri, jujur, dan percaya diri. Ketiga hal tersebut perlu diutamakan agar membuat pewawancara terkesan.

Oke itu dulu ya Sobat Meraki!

Kita sudah membahas mengenai IISMA secara menyeluruh, dari apa saja yang harus dipersiapkan, profil singkatnya, dan informasi penting yang diperlukan Sobat Meraki untuk mewujudkan mimpi berkuliah di luar negeri. Semoga Sobat Meraki dapat menjadi awardee dari IISMA ya! 

Sekian dari Meraki Asa, kita ketemu di konten selanjutnya, ya! Good Luck and See u!

Sumber: iisma.kemendikbud.go.id

For more information click here!